Apa itu Domain?

Jika anda bertanya-tanya apa itu domain? Bagi seorang pemula pasti ini merupakan pertanyaan yang sering sekali muncul. Kata domain sudah banyak tersebar di dunia internet. Pada dasarnya kata domain diasumsikan sebagai alamat fisik dalam sebuah situs web. Sebagai contoh, seperti alamat rumah, ketika kurir paket ingin mengirimkan suatu barang ke alamat rumah tersebut pasti tertera nama jalan, nomor rumah, serta kodepos agar paket bisa sampai ke rumah yang dituju. Begitu pula dengan situs web yang membutuhkan domain untuk mengarahkan pengunjung internet ke website yang dituju.

 

Pengertian Domain

Pengertian domain menurut wikipedia adalah suatu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Pada dasarnya, domain merupakan suatu bentuk sederhana dari alamat IP yang membentuk kombinasi angka rumit. Dari banyaknya nama nama website yang tersebar di dunia internet, jika menghafalkan kombinasi angka angka tersebut tentu sangatlah sulit. 

 

Domain sendiri terdiri dari berbagai macam ekstensi seperti .com, .co.id, .id dan masih banyak lagi. Nama domain terdiri dari dua komponen utama, misalnya nama dari nama domain youtube.com, yang memuat nama dari ( youtube ) adalah nama dari sebuah website dan (.com ) adalah ekstensi nama domain. Ketika seseorang/company membeli nama domain, mereka bisa membuat atau menentukan server agar nama domain bisa langsung diarahkan.

 

Registrasi nama dalam sebuah domain dikelola oleh suatu organisasi yang bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Organisasi ICANN menentukan ekstensi nama domain yang tersedia dan menjaga database agar tetap terfokus ke mana domain tersebut mengarah.

Apa yang dimaksud dengan Subdomain?

Subdomain merupakan bagian dari sebuah domain induk. Biasanya subdomain terletak di depan domain induk yang dipisah dengan titik (dot). Contohnya seperti blog.seo-webhosting.com merupakan subdomain dari www.seo-webhosting.com. Kata “blog” yang berada di depan seo-webhosting.com merupakan sebuah subdomain yang mengarah ke sebuah blog yang disediakan di website www.seo-webhosting.com

 

Adanya subdomain digunakan agar konten yang berada di dalam website tidak tercampur dengan konten utama dari website yang dimiliki user. Dengan adanya subdomain anda bebas untuk membuat website yang terpisah untuk keperluan bisnis anda. 

Macam-Macam Tipe Domain

Terdapat berbagai macam tipe domain. Domain dengan ekstensi .com merupakan tipe domain yang paling banyak digunakan dalam situs web. Berikut ini merupakan macam macam tipe domain :

  1. TLD (Top Level Domain)

Ekstension TLD ini merupakan tipe domain yang paling populer. Banyak yang lebih memilih TLD dengan alasan karena lebih mudah diingat dan lebih umum. Tersedia berbagai macam TLD yang dapat digunakan akan tetapi yang paling banyak digunakan adalah .com, .net, .id, dan masih banyak lagi. TLD juga membuat website memiliki peringkat yang lebih unggul di search engine Google. TLD dikelola oleh organisasi yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority) yang mencatat bahwa daftar TLD juga menyertakan ccTLD, gTLD, dan pTLD.

  • ccTLD (Country Code Top Level Domain)

ccTLD merupakan domain yang mencatat penamaan berdasarkan geografis suatu negara seperti .id yang berarti Indonesia, .us yang berarti United States, dan lain sebagainya. Biasanya ccTLD ini digunakan oleh perusahaan yang membuat dedicated situs untuk area perusahaan yang telah ditentukan. Dengan demikian, domain tersebut dapat tampil sebagai sinyal bahwa situs web tersebut berada di negara atau wilayah yang telah ditargetkan. Sebagai contoh perusahaan unilever.co.uk diperuntukkan untuk area pemasaran produk unilever di United States, unilever.co.id diperuntukkan untuk area pemasaran produk unilever di Indonesia.

  • gTLD (Generic Top Level Domain)

Merupakan ekstensi umum yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia karena tidak direpotkan dengan berbagai macam persyaratan untuk membuat sebuah domain. Sebagian besar gTLD diarahkan untuk penggunaan website yang lebih spesifik, seperti misal .biz yang digunakan untuk keperluan bisnis, .com digunakan untuk keperluan komersial, .edu digunakan untuk keperluan edukasi, dan lain sebagainya.

  • pTLD (Premium Top Level Domain)

Tipe domain ini merupakan tipe yang penamaannya dapat di custom, contohnya .web, .travel, dan ekstensi lainnya. 

  1. SLD (Second Level Domain)

Merupakan nama domain yang telah anda daftarkan. Seperti contohnya seo-webhosting.com, nama “seo-webhosting” merupakan nama SLD, atau lebih tepatnya SLD merupakan nama website user.

  1. Third Level Domain 

Third Level Domain letaknya berada di depan dari satu kesatuan URL nama domain yang dimiliki oleh user. Sebagai contoh, www.seo-webhosting.com, maka “www” inilah yang dikategorikan sebagai Third Level Domain.


Jika anda ingin memiliki sebuah alamat domain, anda perlu mendaftarkannya dahulu. Di SeoWebhost anda dapat mendaftarkan alamat domain unik dengan harga yang terjangkau sesuai keinginan anda. Dapatkan promo domain menarik di SeoWebhost dan promo menarik lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *