Apa yang dimaksud Shared Hosting?

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting dimana sebuah account hosting diletakan bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Jenis hosting ini merupakan salah satu pilihan popular terutama bagi situs-situs yang baru, pada dasarnya share hosting bekerja untuk memberikan sumber daya server yang nantinya akan digunakan oleh beberapa situs web yang memiliki layanan sama.

Jenis web hosting ini biasanya digunakan oleh pemula maupun untuk website yang tidak memerlukan bandwidth, RAM, dan kapasitas penyimpanan besar. Pengguna juga tidak dituntut untuk memiliki pengetahuan teknis tingkat lanjut karena pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan. 

Kelebihan dari Shared Hosting

  1. Biaya yang lebih Terjangkau 

Jenis hosting ini merupakan pilihan dengan harga terjangkau karena pada setiap server pengguna akan berbagi ruang serta sumber daya yang lainnya. Sebagai contoh perumpamaan share hosting yaitu beberapa mahasiswa yang menyewa sebuah rumah kontrakan yang akan digunakan bersama-sama agar lebih menghemat uang karena biaya akan ditanggung bersama-sama.

Pengelolaan shared hosting sepenuhnya dipegang oleh penyedia jasa layanan hosting tersebut., oleh karena itu pengguna tidak perlu khawatir mengenai apapun yang berkaitan dengan kinerja penyedia jasa layanan hosting dan pengguna hanya perlu melakukan pengelolaan terhadap situs webnya. Dengan memfokuskan pada pengelola saja, maka pengguna akan lebih dapat menghemat waktu karena tidak perlu sibuk untuk memelihara kinerja server dan juga dapat menghemat biaya.

  1. Penggunaannya yang Lebih Mudah

Dalam layanan shared hosting pengguna akan dimudahkan karena seluruh operasional server akan diambil alih oleh penyedia jasa layanan hosting, sehingga bagi para pemula yang tidak memahami pemrograman masih tetap bisa untuk mengelola situs web atau blog yang dimiliki. Jika saat nanti situs web atau blog pengguna layanan shared hosting sudah memiliki jangkauan yang luas dan banyaknya pengunjung situs web, maka pengguna perlu mengganti layanan hosting ke VPS .

Alasannya adalah karena kembali lagi menyesuaikan pada kebutuhan dimana untuk web yang sudah besar dan memiliki banyak pengunjung lebih cocok dengan layanan hosting yang lainnya, jika pengguna masih menggunakan shared hosting maka situs webnya akan berdampak pada situs web lainnya di dalam server yang sama dan pengaruhnya bisa membuat error atau down time. Selanjutnya jika pengguna sudah mengganti layanan hosting maka harus belajar pengetahuan mengenai pemrograman.

  1. Control Panel yang Mudah

Dengan menggunakan shared hosting ini pengguna akan diberi kemudahan dalam hal control panel karena penyedia layanan hosting akan memberikan akses yang luas terhadap hal tersebut. Dalam mengelola website atau blog akan lebih mudah lagi karena pengguna sudah memiliki akses control panel, sehingga pengguna akan bisa memanfaatkan banyak fitur yang tersedia misalnya ketika akan mengunggah file ataupun gambar akan lebih lancar dan mudah serta untuk memudahkan pengguna yang ingin melihat statistic apapun yang berkaitan dengan web atau blognya.

  1. Administrasi dan Pemeliharaan Server yang Mudah

Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa shared hosting sangat cocok bagi pemula yang baru memiliki pemahaman mengenai dunia web dan layanan hosting. Dengan menggunakan jenis hosting ini pengguna lebih difokuskan pada pembelajaran mengenai blog ataupun website yang sedang dibangun, namun hal ini hanya sementara waktu karena pengguna harus mengganti layanan ketika sudah mengalami traffic pengunjung. Mengenai administrasi dan pemeliharaan server pengguna tidak perlu memikirkannya lagi karena semuanya sudah diambil ahli oleh penyedia layanan hosting.

  1. Sangat Cocok digunakan untuk Blog maupun Website Bisnis Berskala Kecil

Shared hosting ini dikatakan sangat ideal untuk pengguna situs blog maupun website bisnis dengan skala yang kecil. Alasannya pertama karena pertimbangan anggaran, hal ini tentu sering terjadi pada seseorang yang memulai bisnis kecil-kecilan dimana untuk mengurangi resiko kerugian yang besar maka seseorang akan lebih menghemat uang terkait anggaran.

Karena shared hosting ini menawarkan layanan dengan harga yang sangat murah maka sangat cocok untuk seseorang yang melakukan bisnis dengan situs blog atau web dengan skala kecil. Lalu alasan yang kedua adalah mengenai pemahaman dan kemampuan seseorang dalam mengelola hosting, tentu untuk yang baru terjun di dunia web hosting akan kesulitan untuk menjalankan layanan hosting.

Namun di shared hosting pengguna tidak perlu kesulitan lagi karena semua server akan diambil ahli oleh penyedia layanan hosting tersebut, untuk itu shared hosting sangat ideal bagi pemula blog atau web bisnis kecil.

Kekurangan Shared Hosting

  1. Memungkinkan Terjadinya Crash

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa jenis layanan shared hosting ini adalah yang menggunakan banyak pengguna di dalam satu server, dengan hal tersebut tentu sudah tidak heran lagi jika sewaktu-waktu akan terjadi crash. Adanya beban yang berat terutama jika sedang ada traffic akan berpengaruh terhadap kinerja situs web atau blog pengguna lainnya dan akhirnya terjadi gangguan layanan atau crash.

  1. Keamanan yang Kurang

Dalam shared hosting yang memberi ruang yang luas dalam satu server, akan lebih rentan terhadap penyalahgunaan akses atau fitur lainnya yang sangat sensitif. Dengan hal tersebut pasti akan banyak memunculkan masalah pada server dan bahkan akan terbuka celah dari keamanan yang dipasang.

  1. Kontrol Area yang Terbatas pada Server

Pengguna pada layanan shared hosting ini hanya memiliki ruang yang sedikit terkait akses ke server sehingga kontrolnya sangat terbatas sekali. Hal ini terjadi karena dalam layanan hosting ini kepemilikan akses penuh hanya dimiliki oleh administrator penyedia layanan hosting, jadi untuk pengelolaan semua akun server diambil ahli juga dan pengguna memiliki akses yang sedikit.

  1. Penggunaan Software Lain yang Terbatas

Pengguna shared hosting tidak bisa mendapatkan akses dalam menggunakan atau menjalankan software lain selain yang telah ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.

Demikian informasi mengenai shared hosting yang merupakan salah satu layanan hosting paling diminati oleh para pemula. Penjelasan diatas pun juga mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada layanan shared hosting.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *