Apa Yang Dimaksud Subdomain

Domain memiliki struktur di dalamnya yaitu antara lain Top Level Domain, Second Level Domain, dan Subdomain. Apa yang dimaksud Subdomain ? Jika Anda orang awam dan ingin membeli hosting, sebaiknya Anda perlu membaca pengertian dari istilah tersebut.

Domain merupakan nama dalam sebuah website. Dalam pembuatan website, pengguna wajib menentukan domain dan subdomain agar dapat memudahkan ketika mengakses ke dalam website.  Nama Domain dibuat semenarik mungkin agar mudah untuk digunakan dan diingat oleh pengguna website. Seperti halnya Domain dan Subdomain yang tidak dapat terpisahkan. Subdomain merupakan turunan dari domain utama dalam sebuah website. Sebuah Domain pada dasarnya merupakan bentuk sederhana dari alamat IP. Jika tidak ada nama Domain, maka pengguna wajib memasukkan IP Address dengan rangkaian angka unik dan sulit untuk diingat.

Pengertian Subdomain

Menurut Wikipedia, Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk yang mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs. Dalam sebuah contoh situs wikipedia.org yang merupakan Domain Induk, sedangkan id.wikipedia.org yang merupakan suatu Subdomain. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa id merupakan Subdomain situs Wikipedia dan wikipedia.org yang merupakan Domain Induk. Subdomain sendiri biasanya digunakan agar konten isi yang ada di dalam sebuah website tidak tercampur dengan konten utama.

Subdomain sendiri tidak hanya berguna untuk memisahkan konten khusus dari Domain utama, Subdomain juga memiliki manfaat lain, diantaranya yaitu :

  • Adanya Search Engine melihat Subdomain sebagai situs unik yang tidak terhubung dengan Domain utama. Ini berarti, peringkat Subdomain juga dapat naik dan menyandingi Domain utama. Hal ini dapat menggeser turun situs milik competitor.
  • Subdomain yang digunakan dengan benar, dapat langsung terindeks (menjadi situs ternama) dengan cepat dan mendapatkan manfaat dari Domain utama.

Dalam sebuah Domain Anda dapat menambahkan berbagai macam komponen Subdomain. Dengan adanya Subdomain tentu saja dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Banyak perusahaan memanfaatkan Subdomain untuk mengembangkan usahanya dengan menambahka halaman lain di websitenya dengan berbagai tujuan, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk Halaman Blog

Adanya Subdomain, pemilik website memiliki kebebasan untuk mendesain layout websitenya. Dengan halaman blog pemiliki website dapat menyajikan berbagai artikel menarik sesuai dengan bidang industri yang dimilikinya. Halaman blog ini membatu meningkatkan jumlah pengunjung situs website. Sebagai contoh seperti blog.seo-webhosting.com.

2. Website Dengan Versi Mobile

Subdomain juga menyediakan website versi mobile terpisah. Ini digunakan agar pengguna situs website yang menggunakan mobile lebih mudah untuk mengaksesnya. Sebagai contoh m.facebook.com.

3. Sebagai Halaman Karir

Banyak perusahaan besar terlihat lebih professional dan mereka juga menyediakan halaman karir di website yang terpisah. Dalam halaman karir tersebut perusahaan dapat menginformasikan info lowongan kerja terbaru.

4. Website Dengan Versi Halaman Lain

Subdomain ini biasanya digunakan untuk mempublikasikan website lebih dari satu Bahasa. Seperti contoh en.website.co.id, ini digunakan untuk mempublikasikan website kedalam Bahasa Inggris.

5. Sebagai Halaman Katalog

Seperti perusahaan Retail yang menggunakan Subdomain untuk halaman katalog product barang yang tersedia.

Demikian artikel penjelasan apa yang dimaksud Subdomain. Jika Anda ingin membeli Domain menarik di seo-webhosting menyediakan berbagai ekstensi Domain dengan harga terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *