Penjelasan Mengenai Pengertian FTP Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Penjelasan Mengenai Pengertian FTP Beserta Fungsi dan Kegunaannya – Apa yang dimaksud dengan FTP? FTP memiliki peran yang sangat penting ketika adanya pertukaran informasi dalam satu komputer. Tanpa FTP, maka tidak akan ada unduh mengunduh, mengunggah, browsingdan menonton video. Jika Anda belum mengetahui apa itu FTP dan bagaimana fungsi dan kegunaannya, mari simak penjelasannya berikut ini!

 

Pengertian FTP

File Transfer Protocol atau yang biasa disebut dengan FTP, merupakan internet service yang dirancang khusus untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga pengguna dapat mengirimkan file ke komputer atau mengirimkan file ke server.  FTP menurut Wikipedia yaitu file transfer protocol dengan standart yang dipakai untuk mengirimkan data dari computer satu ke computer yang lain melalui jaringan yang berbasis TCP. Sedangkan pengertian FTP menurut Webopedia adalah adalah protocol untuk pertukaran file melalui jaringan internet. Dan FTP bekerja dengan system seperti HTTP. Pada saat ini FTP banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, karena lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan perangkat kabel atau fisik.

FTP mempunyai dua jenis yaitu FTP server dan FTP client. FTP server yaitu sebuah server FTP yang digunakan untuk menjalankan software untuk memberikan layanan tukar menukar data yang selalu siap apabila ada permintaan dari FTP clientSedangkan FTP client merupakan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas. Komputer pada pengguna yang merupakan FTP client haruslah tersambung dengan FTP server agar dapat menukar data dan melakukan aktivitas  lainnya seperti download, upload, rename, deletedan lain sebagainya.

 

Sejarah FTP

FTP pada pertama kalinya dikeluarkan pada tanggal 16 April 1971 merupakan jenis RFC 114, jauh sebelum adanya TCP dan IP. Standarisasi yang digunakan ini untuk membaca dan menjalankan perintah- perintah dasar sistem komunikasi bagi yang ingin menggunakannya. Kegunaan FTP ini diciptakan untuk memudahkan para penggunanya agar dapat memindahkan data dari satu tempat ke tempat lainnya. Sama halnya dengan protocol TCP/IP, FTP dibuat yang berdasarkan pada model client/server.

 

Fungsi FTP

FTP juga memiliki fungsi yang menguntungkan bagi para penggunanya, yaitu antara lain:

  1. FTP memfasilitasi kepada setiap user untuk melakukan transfer data melalui dua arah, yang artinya jika FTP digunakan pada sebuah perusahaan maka setiap pemimpin perusahaan mampu mengirimkan data kepada karyawan dan begitupun sebaliknya yang hanya dengan menggunakan server yang sama.
  2. Juga dapat digunakan sebagai pertukaran file antar komputer dengan mudah meskipun file tersebut memiliki ukuran besar.
  3. Dengan adanya FTP dapat membuat pemilik website melakukan backup website dengan mudah.
  4. Progress pemindahan data tidak akan hilang meskipun sambungan terputus.
  5. Melakukan transer data atau file yang dapat dilakukan dengan mudah dan terorganisir.
  6. Adanya FTP dapat digunakan untuk melakukan indirect maupun implicit remote computer.
  7. FTP juga menyediakan transfer data yang reliabel dan efisien.

 

Alasan Mengapa Menggunakan FTP

Dari penjelasan  FTP diatas, secara garis besar FTP memiliki fungsi melakukan pertukaran file, informasi dan data dari FTP server dan FTP client. Data atau file yang ditukarkan ukurannya juga bisa sangat besar dan yang menjadi nilai tambah dari FTP ini adalah proses transfer yang sangat cepat, berbeda jauh dengan proses download dan upload di Internet.

 

Kelebihan FTP

  • FTP memiliki fitur keamanan enkripsi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan peretasan data, informasi dan file-file penting yang ada di FTP server maupun FTP client.
  • FTPpun juga memilki fungsi lain yaitu sebagai media penyimpanan, jadi file atau data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus, karena masih memiliki backup yang tersedia.
  • Verifikasi yang digunakan untuk mengakses antar FTP server dan FTP client sangat mudah.
  • Dengan adanya verifikasi dua langkah, keamanan antar FTP server dan FTP client menjadi lebih terjamin.
  • FTP juga dapat menjadi indirect komputer atau implicit remote komputer.
  • Proses transfer data dalamFTP bisa dilakukan dengan mudah dan lebih efisien.
  • FTP dapat digunakan untuk mem-backup dan me-restore pada semua file yang ada di website.
  • Bisa menjadi jembatan sebagai penghubung pertukaran file dan informasi antar komputer.

 

Kekurangan FTP

Dibalik kelebihannya, FTP juga memiliki beberapa kekuarangan yang perlu Anda catat, berikut kekurangan dari FTP:

  • FTP juga tergantung pada keamanan enkripsi data yang dimiliki oleh para penggunanya, jadi jika tidak memiliki enkripsi maka FTP tidak direkomendasikan untuk digunakan transfer file atau data.
  • Adanya administrator memiliki ancaman karena minimnya desain keamanan yang tidak terlalu kuat.
  • Sering terjadinya kesalahan informasi yang membuat administrator sulit untuk memahami info yang didapatkan.

 

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Mengenai Pengertian FTP Beserta Fungsi dan Kegunaannya. Sebagai referensi lain dan pengetahuan terkait FTP, berikut ini seowebhosting sertakan beberapa artikel terkait yang mungkin saja bisa Anda baca terlebih dahulu:

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *